DASAR KAU, COVID!

DASAR KAU, COVID!

Emang ya si virus yang lagi dibenci manusia se-dunia ini gak ada takutnya buat nyerang siapa aja! Awal-awal dia muncul gak kebayang tuh bakal mendekat, karena di lingkaran kehidupanku pun belum ada yang berani dia deketin. Dikit-dikit mulai ada, dari keluarganya temen, temen sendiri, dan akhirnya dia pun menyerangku.

 

Belakangan ini sebenernya gak begitu ada kewajiban untuk ke luar rumah. Paling seminggu sekali pergi ke kantor, itu pun sepi dan gak deket-deket orang. Lalu, shooting Siniar Pembatas Kertas buat konten di YouTube, orangnya itu-itu aja gak banyak. Memang sih, sekali-kali ke luar buat cari makan, tapi sebisa mungkin di tempat sepi yang memang jaga jarak antar manusianya. Pas tahu kasus Jakarta naik lagi, udah tuh memutuskan gak kemana-mana dulu. Gak pengen pergi ke tempat umum dulu, kalau pun harus pergi ya ketemu yang bisa dilacak manusia-manusianya. Ya, pokoknya ketemunya dia lagi, dia lagi. 

 

Pas lagi masa-masa super jaga diri itu sempet denger cerita dari orang yang nangangin kasus covid di kantornya, katanya justru kalau dilihat kontak eratnya paling banyak dari keluarga. Eh, pas denger obrolan itu gak lama keluargaku yang ngalamin. Kluster covid yang akhirnya menyerang serumah-rumah. Haduh.

 

Lucuknya, dari tahun lalu sampai awal tahun ini yang memang harus bekerja di luar dan justru ketemu banyak orang, hidupku aman-aman aja. Giliran di rumah aja, ketemunya dia dia lagi, eh malah kena. Bukannya membenarkan kalau pas keluar-keluar itu malah aman, poinnya adalah ternyata emang si covid ini bisa kena siapapun, di keadaan apapun, tanpa kenal ampun. Kalau dipikir lagi, gak lucuk sih ya.. 

Di rumahku, ada kakakku yang memang hampir setiap hari harus bekerja ke luar. Kita pun dibiasain kalau setiap pulang, pas masuk rumah dari buka pintu gak nyentuh apa-apa dulu, dan langsung ke kamar mandi buat bebersih segalanya. Berusaha untuk sangat menjaga kebersihan dan kesehatan.

 

Lalu, pada suatu hari yang (kalau gak salah sih) cerah, kakakku mengeluh demam dan bilang makanan rasanya hambar plus bau pun gak kecium. Pas kakakku mulai bergejala, sekeluarga pun langsung selalu bermasker di rumah. Aku si betah menyendiri ini pun kerjaannya di kamar mulu. Ke luar kamar ya buat ambil makan dan ke kamar mandi. 

 

Cuma ya apa mau di kata, gak bisa menyalahkan siapa-siapa juga. Dua hari kemudian, aku mulai demam dan mataku pusing. Dipikir masih demam biasa, karena malemnya nonton kekalahan Jerman lawan Inggris di Euro 2020, jadi dipikir efek begadang plus sedih juga kali ya. Masih bisa ngerjain kerjaan kantor juga tuh di hari Kamis dan Jum’at. Eh, hari Sabtu pas mau pergi swab, abis mandi kusemprot parfum gak ada wanginya sama sekali. Padahal itu parfum kalau divisualisasikan bener-bener lewat depan hidung. Aku langsung mikir, “udah lah ini mah fix covid“. Pulang swab pun badan langsung terkapar. Kerjaannya cuma bisa tidur-makan-minum obat. 

 

Senin pagi, harinya bekerja pun akhirnya harus izin karena udah selemas itu. Langsung tuh Pak Bos ngeluarin aku dari grup hahaha, katanya biar fokus penyembuhan, gak perlu mikirin kerjaan. Baik banget.

 

Nah, dari segala riwayat penyakitku, bisa dibilang ini paling parah, sih. Bukan parah yang bikin badan ketusuk-tusuk atau pengen teriak kesakitan gitu. Aku si langganan tipes bisa bilang kalau ini tiga kali lipatnya! Parahnya menurutku karena gejalanya gak abis-abis. Asli. Seminggu awal masih ngerasa wajar lah. Bed-rest terus. Lha, tapi kok di minggu ke-dua gak ada mending-mendingnya. Padahal makan teratur, istirahat cukup, gak mikir hal yang bikin stres, banyak menghibur diri. Eh, malah makin parah. 

 

Justru lama-lama yang bikin stres karena ngerasa, “Ini kenapa gak selesai-selesai sih, buset”. Tiga minggu lebih, cuy!

 

Kalau bisa jabarin gejalanya, kira-kira begini..

 

Awal-awal demam meriang, mana saat itu lagi ada sariawan di lidah. Lalu, mulai hilang penciuman dan batuk-batuk.  Terus sempat paginya mendingan, eh siang sampai malem mode terkapar lagi. Besoknya nambah sakit tenggorokan, suara mulai bindeng-bindeng, dan malamnya menggigil kedinginan.

 

Nah, hari ke 7-8 mendingan tuh gejalanya! Nyatanya hanya tipu-tipu karena walaupun sakit tenggorokan hilang, malah tambah sakit lambung. Muntah-muntah pula. Setelah lambung mereda, diberi kejutan lagi sama si covid dengan nyeri dada. Itu pas lagi mau final Euro 2020, dan terpaksa tidak bisa nonton, huhu. Setelah itu balik lagi ke fase nyeri tenggorokan, kocak siklusnya. Lalu, lanjut ke tiba-tiba sakit kepala kaya vertigo. Ya, udah tuh setelah itu gejalanya masih ngulang-ngulang, yang pasti lemesnya gak ilang-ilang.

 

Untungnya selama sakit napsu makan selalu aman, emang sakit hati doang nih kayanya yang bikin males makan HAHA. 

 

Alhamdulillah setelah tiga minggu lebih akhirnya sudah sembuh. Cuma memang tahap pemulihannya butuh waktu. Sempat tuh, pas mulai aktivitas dikit dan kecapean malah langsung drop, sekitar sejam dua jam ngalamin gejala yang lebih parah dari pas sakitnya. Jadi, aku mau menuruti aja apa kata dokter: gak boleh stress dan kelelahan dulu. Ehe.

 Jadi, kalau ada yang nanya, apa yang dirasakan dari covid?

 GAK ENAK!

 Udah itu aja intinya. Gak ada enak-enaknya.

 Kagak lagi-lagi dah!

 Mending dapat virus cinta ya, candu dan membahagiakan. Hehe.

Show 19 Comments

19 Comments

  1. EmaknyaBeTet

    thanks for sharing Beby…semoga mulai saat sembuh sampai kapanpun gak lagi lagi kena ya …Sehat terus kamu,dan semoga aku dan keluarga besar ku selalu Allah lindungi Dr virus bejat ini…

  2. Oka Anisawrbn

    Hal yang menyesakkan lainnya akibat covid ini yaitu gak bisa merasakan kenikmatan dari cita rasa khas mie goreng dan aromanya yang semeriwing. Sakit hati banget pas makan mie ga bisa ngerasain apa-apa. Kagak lagi-lagi dah! (2)

  3. Thanks for sharing, Beby..
    Semoga kedepannya Beby dan keluarga dirumah sehat terus yaa, aamiin

  4. LFM

    Memang benar covid memang sangat tidak mengenakan. Sudah banyak keluarga yang kena bahkan belum lama ini tanteku juga berpeluang karena penyakit ini. Makasih beby udah sharing, semoga kita semua selalu sehat dan penyakit ini bisa hilang Aamiin

  5. Arya

    Alhamdulillah sudah baikan. Stay safe and sound Kak, jangan sampai jadi Magister Covid wkwk.

  6. Aim

    Memang ini virus sangat meresahkan. Karena virus ini, jadi sulit liat senyuman orang-orang di luar. karena sebahagia apapun mereka, senyumnya akan tertutup oleh masker yang dia pakai..

    semoga pandemi ini cepat berlalu, udah sangat rindu beraktifitas seperti dahulu kala. udah 1 setengah tahun, ngga main sama ponakan walaupun tiap hari ketemu. tapi karena mobilitasku tinggi jadinya lebih memilih untuk tidak bersentuhan langsung dengan mereka yang lagi lucu-lucunya itu. sejauh ini cuma ngobrol berjauhan sama mereka, padahal dulu suka kugendong sambil lari-lari.

  7. Fadil.Indonesia

    Terima kasih sudah sharing, semoga Beby dan keluarga sehat-sehat selalu.

  8. Khoiriana

    COVID ini sangat MENYEBALKAN sampe orang yg terdekat meninggal. Semoga wabah ini cepet ilang dari bumikangen jalan” & nongkrong. Thanks Beby udah share ceritanya mewakilikuBeby & semuanya sehat

  9. Yogolafia

    Alhamdulillah sudah pulih sehat kembali, semoga sekeluarga sehat-sehat semua ya. Pandemi pasti berlalu, terima kasih atas sharingnya.

  10. RESTU ALANNUARI

    Alhamdulillah sekarang sudah sehat.semoga aj tidak terjadi lagi.semoga sekeluarga d lindungin dari apapun(penyakit atau marabahaya) amin

  11. BR

    Terima kasih sudah berbagi, Beby.
    Selamat pulih kembali 🙂

    Rasanya di masa-masa ini, “jaga kesehatan “ dan “semoga sehat selalu” tidak menjadi kalimat basa-basi lagi.
    Jadi, tetap jaga kesehatan dan semoga sehat selalu yaaa ~

  12. INDAH

    Semangat terus yg lg berjuang melawan covid!!!

    -dari aku, si penyintas

  13. Muhammad Faizi

    Bener banget. Ni virus bener-bener kacaw. Saya juga yang awalnya kek anggap santai dan gak berpikiran terpapar. 4minggu lalu malah kena tapi lucu 4hari demam. Abistu sembuh kek normal gitu eh pas di minggu depannya kagak bisa nyium apa”. Emang Random gejalanya

  14. kentaro

    Sama aku juga kena minggu ini.

  15. diana_didiew

    iah bener beb waktu aku kena covid si lemes teh sungguh aduhai gejala ny si supraize bgt… huhu semangat y beb pasti sembuh byk berdoa aja dan ikhtiar pengobatan

  16. inget Qada dan Qadar beb
    semua sudah digariskan, tdk perlu blame sana sini, cukup katakan Alhamdulillah ala kulli hal.

  17. Donnie prayoga

    Wahh.. Langganan tipes demen banget ketemu suster kaya yg udah pernah di ceritain. Tapi bersyukur bisa melewati hal itu. Semoga tetep di beri kesehatan selalu ya. Ade ade gue 22nya juga udah pernah terpapar. Yang dia rasa tuh ya cuman pencium hilang aja tapi pas swab positif. Nahh abang gue kena juga nih belom lama sembuh juga. Dia rasain apa yg lo rasain pas terpapar. Bersyukur banget juga bisa liat abang berhasil melewati ini semua.

  18. Adin

    Pantesan kayaknya kamu sempet ngilang. Ternyata lagi sakit.
    Alhamdulillah sudah terlewati ya, Beb. Take care!

  19. Erick Wijaya

    Teringat karena merasa terlalu lama tidak melihat,
    Membalas ketika merasa sepertinya telah dilepas,
    Pengalaman berjumpa dengan Covid-19 hampir sama dengan Beby, tertular oleh sanak keluarga yang tinggal serumah. Awalnya Ibu dan kakak-kakak. Giliranku adalah yang terakhir.
    Gejala awal adalah muntah dan mual tiada henti semalaman. Esok pagi terasa normal tapi rasa makanan menjadi aneh. Beberapa hari kemudian terjadi penciuman aroma menghilang. Tubuh juga mudah lelah.
    Kondisi mulai normal setelah hampir 2 pekan. Rasa makanan mulai normal disusul penciuman aroma. Memberanikan diri untuk olahraga ringan.
    Hal yang menjadi pembelajaran sejak itu adalah siapa pun yang berpergian baik dalam waktu yang sebentar/lama, jauh/dekat tetap menyemprotkan pakaian dan bawahan serta barang bawaan dengan disinfektan. Jika membawa makanan siap santap yah jangan disemprot disinfektan. Hanya kemasannya saja yang dibersihkan dengan tissue basah.

    Semoga sehat selalu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *